Jumat, 04 April 2014


Perekonomian Indonesia memang sedang berkembang dengan pesat saat ini, dari berbagai data yang di hasilkan oleh berbagai lembaga  seperti Bank Dunia, ADB dan pemerintah. Salah satu dampak dari peningkatan perekonomian ini adalah  makin banyaknya pameran yang diadakan, baik jenis pameran maupun ragam pesertanya terlihat peningkatan yang signifikan belakangan ini. Terlebih dengan dukungan pemerintah saat ini yang pro UKM, berusaha mendorong percepatan persiapan masyarakat menghadapi pasar bebas ASEAN 2015, serta dalam rangka peningkatan angka ekspor.
Berikut adalah beberapa tips pribadi dari saya jika anda berencana untuk menjadi peserta pameran/ekshibisi.
Secara umum, bila anda aktif mencari informasi ,tawaran untuk ikut berpartisipasi dalam pameran akan selalu ada dari waktu ke waktu yang semuanya terlihat menarik, namun sebagai wiraswasta kita punya banyak keterbatasan (bisa batasan budget, bisa juga batasan jarak atau waktu) jadi perlu di adakan seleksi dari pillihan-pilihan yang ada. Pilihlah acara pameran yang paling mendatangkan nilai positif dengan keterbatasan yang ada. Trend yang ada saat ini adalah  pameran/ekshibisi biasanya di sertai dengan beberapa kegiatan yang lain seperti seminar-seminar, temu bisnis, acara dinner, peluncuran produk sampai dengan band hiburan. Saran saya tentukan dari awal sasaran anda seminar mana yang akan anda hadiri, tentukan lihat dari judul dan para pembicara mana yang sekiranya membawa manfaat bagi anda dan bisnis anda. Harap maklum, waktu juga yang akan membatasi kita karena sering kali dalam event seperti itu beberapa acara di lakukan dalam kurun waktu yang hampir sama. Mintalah skedul acara event kepada panitia jauh hari sebelum acara sehingga anda bisa dengan leluasa menentukan event saja mana yang akan anda hadiri.
Banyaknya  peserta pameran yang bisa dari bisnis sejenis atau berbagai institusi yang terlibat menjadikan ajang yang baik untuk bersosialisasi dan mencari informasi yang relevan (misal nya pada pameran produk makanan/minuman institusi pemerintah dan yang terkait juga akan ikut serta dalam pameran ini), menurut saya sesama UKM perlu besatu dalam rangka kemajuan bersama sehingga jaringan industri dan profesional kita akan dapat saling mendukung baik dalam waktu dekat maupun di kemudian hari. Hal hal yang berkaitan secara tidak langsung juga perlu anda perhatikan dan memiliki jaringan yang baik seperti supply chain. Untuk dapat turut mempromosikan event ini dapat juga anda gunakan sosial media anda seperti facebook atau google+ kepada para relasi anda mengenai keikut sertaan anda dalam suatu event, hal ini di maksudkan untuk memberikan arti kepada lingkaran media sosial anda bahwa tetap update dan konsisten pada bidang usaha yang anda tekuni.
Jangan lupa buat daftar barang yang akan di bawa karena pada saat menjelang pameran banyak hal yang akan anda lakukan kalau tidak di catat akan cenderung lupa, misal banner pameran (ini perlu waktu buat cetak) kalau buru-buru biasanya suka ada yang terlewat di cetak dan biaya cetak kilat akan lebih mahalkan,,,. Selain barang yang akan di display persiapkan juga marketing tool seperti kartu nama, brosur dan buku tamu. Disain stand juga yang memudahkan untuk pengunjung masuk dan melihat serta mencoba produk yang anda tawarkan. Usahakan anda untuk lebih banyak berdiri dan mencoba berkomunikasi dengan para pengunjung yang datang.
Saran terakhir setelah pameran akan ada daftar yang perlu di tindak lanjuti dan biasanya akan ada respon via telp/fax/ e-mail. Jangan lupa menindak lanjuti progress setelah pameran, karena itu adalah bagian penting yang tak terpisahkan dengan kesuksesan hasil pameran itu sendiri. Akhir kata sebagai wirausaha jangan lupa meluangkan waktu untuk anda juga sebagai pribadi yang berharga “enjoy” juga melihat-lihat daerah sekitar pameran dan sempatkan diri untuk jalan-jalan juga dalam rangka memperluas wawasan tentunya.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu,,,

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.